Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-dan-tips-pengaturan-meta.html#ixzz2CYMWqCPh IKLAN KECIK

Minggu, 18 November 2012

etelah kemarin membongkar habis rahasia meningkatkan ranking Alexa, kali ini saya akan membahas tentang Meta Tag. Pernah mendengar tentang Meta Tag ? sebagian kalangan blogger tentu pernah mendengar kata tersebut walaupun tidak mengerti apa itu sebenarnya meta tag. Baiklah akan saya jelaskan tentang apa itu meta tag.
Pengertian Meta Tag
Sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengenal sedikit tentang Meta Tag. Menurut pendapat saya, Meta Tag adalah semacam kode HTML yang berisikan informasi tentang suatu website, informasi tersebut bisa berupa deskripsi, keyword, pemilik (author), dan lain sebagainya.
Biasanya banyak blogger yang menggunakan Meta Tag ini sebagai optimasi blog mereka di mesin pencari. Meta Tag ini salah satu faktor penting untuk membantu mesin pencari dalam mengindeks blog kamu. Terutama meta tag keyword dan meta tag Deskripsi yang banyak digunakan saat ini.
Di dalam Meta Tag sendiri di bagi banyak bagian, namun di kesempatan kali ini saya hanya akan menjelaskan 4 poin dalam meta tag. Untuk yang lainnya bisa kamu cari di Internet yah :)
1. Meta Tag Deskripsi
Seperti pada namanya, meta tag ini digunakan untuk menggambarkan blog yang kamu kelola. Meta Tag ini akan muncul di bawah judul suatu website di mesin pencari. Contohnya, blog saya ini menggunakan deskripsi

Dapatkan Berbagai Macam Tips Untuk Blogger, Tutorial Blogger, Tips dan Trik Komputer, Download Program Freeware, Belajar SEO...
Kalimat tersebut akan muncul di mesin pencari saat blog saya terindeks, contohnya pada gambar di bawah ini :

meta+tag
2. Meta Tag Keyword
Seperti pada namanya, meta tag ini berfungsi untuk memilih keyword/kata kunci yang sesuai dengan isi blog kamu. Jika blog kamu membahas tentang software, maka masukkanlah kata kunci "software". Jika tentang sepakbola, maka masukkanlah "sepakbola" sebagai kata kuncinya dan lain sebagainya. Gunakanlah kata kunci se-efisien mungkin namun menggambarkan keseluruhan isi blog kamu.
Blogger Widget, Blogging, Blogger, SEO, Wordpress, Blog Tutorial, Freeware, Software, Computer Tips, Blogger Tricks, hzndi

Kata-kata diatas adalah keyword dari blog saya. Untuk lebih baik lagi, kamu bisa menggunakan Google Keyword Tool guna mencari keyword yang terbaik untuk blog kamu (klik disini). Kamu juga bisa menggunakan keyword yang sama dengan pesaing kamu. Caranya mudah, tinggal klik CTRL + U lihat saja source code yang ada di blog yang kamu jadikan pesaing. Tekan CTRL + F, masukkan kata "Keyword" di dalamnya maka akan muncul berbagai macam keyword yang ada di blog yang kamu jadikan pesaing.
3. Meta Author
Meta Author, arti kata Author yakni pemilik, sebenarnya meta tag ini tidak terlalu penting sih, namun tidak aa salahnya untuk dicoba untuk memperhias meta tag blog. Mungkin saja si robot mesin pencari saat pengindeksan blog kamu ingin mengenal kamu makanya meta tag ini di buat :p hehehe
4. Meta Robots
Kalau Meta Robots, digunakan blog kamu untuk mengijinkan apakah boleh mesin pencari untuk mengindeks blog kamu atau tidak. 
Cara Membuat Meta Tag
Nah pada bagian ini saya akan memberikan cara membuat meta tag untuk blog kamu. Cara ini di peruntukan untuk mereka yang belum membuat meta tag pada blognya atau ingin merubahnya. Lihat dan perhatikan caranya.
1. Login ke Blogger.com
2. Klik Template --> Edit HTML --> Lanjutkan --> Salin kode Meta Tag di bawah ini.

3. Letakkan di bawah kode kemudian kamu simpan. Untuk author, boleh kamu pasang atau tidak. Dan jika sebelumnya kamu sudah memasang meta tag untuk blog kamu, maka kamu boleh melewati cara ini dan saya akan berikan kamu Tips dalam pengaturan Meta Tag.
Tips Pengaturan Meta Tag Deskripsi dan Meta Tag Keyword
Saya mencari di beberapa situs SEO, bahwasanya Google tidak terlalu fokus terhadap penggunana meta tag. untuk mengerti konten situs kamu. Namun beberapa mesin pencari masih menggunakan teknik meta tag sebagai acuannya. Google lebih memilih judul tag dan sekitar 25 kata dari artikel yang kamu buat. Namun google juga masih menggunakan Meta Tag keyword untuk penilaian Google Adsense. Baca tips di bawah ini agar lebih jelas.
Meta Tag Deskripsi
  • Pasang keyword di meta tag deskripsi.
  • Jangan ulangi keyword lebih dari 2 kali di meta tag deskripsi.
  • Usahkan berjumlah 150 - 200 kata.
  • Gunakan kalimat, jangan kata-kata saja.
Meta Tag Keyword
  • Jangan ulangi keyword.
  • Boleh ulangi keyword di dalam beberapa frasa, seperti saya mengambil contoh keyword "blog" dan mengulanginya dalam beberapa frasa yakni "blog tutorial, blog widget, blog hack".
  • Gunakan keyword yang ada di judul blog dan meta deskripsi.


Read more: http://hzndi.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-dan-tips-pengaturan-meta.html#ixzz2Ce1d34az

Tidak ada komentar:

Posting Komentar